Strategi Komunikasi Komunitas Liburun dalam Menarik Minat Masyarakat untuk Berolahraga Lari
Abstract
Komunitas Liburun aktif di tengah masyarakat perkotaan yaitu Kota Pekanbaru yang
memiliki berbagai latar belakang dan kesibukan. Komunitas Liburun menjadi inspirasi bagi
komunitas-komunitas lari di Pekanbaru yang sudah mulai muncul dibeberapa tahun terakhir.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan strategi komunikasi komunitas Liburun
dalam menciptakan budaya hidup sehat dengan berolahraga lari, untuk menganalisis
berbagai faktor pendukung dan penghambat yang terjadi pada komunitas Liburun dari
strategi komunikasi yang telah dilakukan, dan mengkaji evaluasi dari strategi komunikasi
yang telah dilakukan.
Penelitian berikut menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teori
mengenai strategi dan perencanaan komunikasi, public relations serta komunikasi
komunitas/kelompok sebagai kerangka atau konsep dasar. Hasil penelitian yang ditemukan
yaitu 1) strategi komunikasi diawali dengan kebijakan dan perencanaan komunikasi,
kemudian pelaksanaan strategi komunikasi yang dimulai mengenal khalayak, menyusun
kata kunci pesan, menetapkan metode promosi seperti merumuskan event-event dan kerja
sama dengan eksternal, dan terakhir adalah evaluasi dari program yang dilaksanakan, 2)
interaksi antar anggota kelompok yang mempengaruhi keberhasilan dalam pelaksanaan
strategi komunikasi yang telah dilakukan, 3) penggunaan media khususnya media sosial
Instagram memiliki kontribusi yang sangat besar pada jumlah anggota baru yang bergabung.
Collections
- Communication [949]