Show simple item record

dc.contributor.advisor(Sigit Handoyo,, S.E., M.Bus., CFrA
dc.contributor.authorINSANI PUTRI MARDLOTILLAH
dc.date.accessioned2022-08-03T01:35:26Z
dc.date.available2022-08-03T01:35:26Z
dc.date.issued2022-02-17
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38075
dc.description.abstractSaat ini uang tidak hanya berbentuk fisik (uang tunai) saja, melainkan sudah ada teknologi yang membuat uang menjadi sebuah benda yang tak berwujud (non tunai) seperti e-money atau uang elektronik. E-money adalah alat pembayaran yang dilakukan secara elektronik. E-money akan menyimpan sejumlah nominal uang yang disimpan ke dalam perangkat elekronik lebih praktis. E-Money (uang elektronik) merupakan inovasi keuangan terbaru untuk transaksi pembayaran. Menurut data Bank Indonesia (2019), pertumbuhan transaksi E-Money 2015-2019 di Indonesia sekitar 70% per tahun. Data ini menjelaskan bahwa pangsa pasar EMoney akan terus meningkat dan menjadi peluang menarik bagi perusahaan fintech. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk merekam respon mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta yang merupakan generasi milenial terhadap penggunaan e-money yang mulai dipopulerkan sebagai alat transaksi dalam kehidupan sehari-hari, baik di kampus maupun di masyarakat. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form ke 100 pengguna E-Money pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan menggunakan software SPSS. Hasilnya, tingkat penerimaan e-money di kalangan mahasiswa masuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan tingginya rencana, niat, dan dari responden untuk selalu berusaha menggunakan E-Money dalam transaksi online dalam kesehariannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan e-money secara positif dipengaruhi oleh performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan hedonic motivation dan secara negatif dipengaruhi oleh perceived risk.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectE-Moneyen_US
dc.subjectGenerasi Milenialen_US
dc.subjectTransaksi Elektroniken_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Hedonic Motivation, Dan Perceived Risk Terhadap Penggunaan E-Money (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM17312062


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record