Show simple item record

dc.contributor.advisorSumekar Tanjung, S.Sos., MA
dc.contributor.authorMEDINA PUTRI UTAMI
dc.date.accessioned2022-07-14T03:27:45Z
dc.date.available2022-07-14T03:27:45Z
dc.date.issued2022-02-18
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37941
dc.description.abstractSebagai salah satu tempat untuk berekspresi, sosial media sebagai suatu alat untuk berkomunikasi antar perseorangan. Tiktok adalah salah satu sosial media yang sering digunakan oleh masyarakat. Setiap pengguna sosial media perlu memperhatikan personal branding dirinya di dalam akun media sosialnya. Personal branding dapat menjadi dimensi dari orang lain dalam menilai seseorang. Adanya penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kreator membangun self branding pada laman akun Tiktoknya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis metode netnografi, peneliti terlibat langsung dalam Tiktok kreator-kreator yang telah terpilih. Subjek dalam penelitian ini ialah kreator yang terpopuler di Indonesia pada tahun 2020 yaitu @raishuu_, @fadlanholao, @emilmario, @alwifachry, @triarona, dan @chikakiku. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, ada beberapa hal yang dapat membangun self branding di Tiktok. Yang pertama yaitu memiliki identitas yang menjadi kharakter oleh seseorang, memiliki sesuatu yang berbeda diantara kreator-kreator lain, dan konsistensi dalam pengunggahan konten yang serupa. Ketiga aspek tersebut dapat didukung dengan menggunakan sound yang sedang naik daun, berkolaborasi dengan kreator lain, berinteraksi dengan audiens. Dari aspek-aspek tersebut secara konsisten dilakukan dapat menghasilkan suatu pekerjaan di Tiktok yaitu sebagai endorsement di Tiktok.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.titleSelf Branding Of Content Creator Tiktok (Studi Netnografi : Analisis Konten Pada Aplikasi Tiktok)en_US
dc.Identifier.NIM18321111


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record