Pengembangan Gim Edukasi Literasi Dengan Metode Game Development Life Cycle
Abstract
Mengikuti pengembangan perangkat lunak secara umum, pengembangan gim masih
menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC). Pada penerapan SDLC
terdapat ketidak sesuaian dalam tahapan pengembangan gim dikarenakan SDLC lebih
diperuntukkan sebagai metode pengembangan software. Oleh karena itu terciptalah metode
Game Development Life Cycle (GDLC) yang dikhususkan sebagai metode pengembangan gim
yang memiliki lima tahapan yaitu inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian dan rilis. GDLC
dipilih menjadi metode pengembangan sebuah gim yang mengangkat tema tentang literasi
budaya Indonesia. Literasi budaya Indonesia dipilih dikarenakan literasi merupakan dasar dari
semua jenis literasi dan Indonesia memiliki beraneka ragam budaya yang menarik untuk
diketahui. Pengembangan gim dilakukan menggunakan RPG Maker MV. Pengujian pada gim
terdapat dua tahapan yaitu alpha dan beta. Pengujian alpha menggunakan metode blackbox
dan pengujian beta menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Dari hasil pengujian,
didapatkan angka usability yang acceptable.
Collections
- Informatics Engineering [2152]