Show simple item record

dc.contributor.advisorHanson Prihantoro Putro, S.T., M.T.
dc.contributor.advisorGalang P Mahardhika, M.Kom.
dc.contributor.authorDHARMAPUTRA ALRIDHANI
dc.date.accessioned2022-07-14T02:25:12Z
dc.date.available2022-07-14T02:25:12Z
dc.date.issued2021-12-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37918
dc.description.abstractMengikuti pengembangan perangkat lunak secara umum, pengembangan gim masih menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC). Pada penerapan SDLC terdapat ketidak sesuaian dalam tahapan pengembangan gim dikarenakan SDLC lebih diperuntukkan sebagai metode pengembangan software. Oleh karena itu terciptalah metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang dikhususkan sebagai metode pengembangan gim yang memiliki lima tahapan yaitu inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian dan rilis. GDLC dipilih menjadi metode pengembangan sebuah gim yang mengangkat tema tentang literasi budaya Indonesia. Literasi budaya Indonesia dipilih dikarenakan literasi merupakan dasar dari semua jenis literasi dan Indonesia memiliki beraneka ragam budaya yang menarik untuk diketahui. Pengembangan gim dilakukan menggunakan RPG Maker MV. Pengujian pada gim terdapat dua tahapan yaitu alpha dan beta. Pengujian alpha menggunakan metode blackbox dan pengujian beta menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Dari hasil pengujian, didapatkan angka usability yang acceptable.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectGDLCen_US
dc.subjectliterasien_US
dc.subjectbudaya Indonesiaen_US
dc.subjectRPG Maker MVen_US
dc.subjectAndroiden_US
dc.subjectblackboxen_US
dc.subjectSUSen_US
dc.titlePengembangan Gim Edukasi Literasi Dengan Metode Game Development Life Cycleen_US
dc.Identifier.NIM16523062


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record