Strategi Transformasi Digital Untuk Menciptakan Bentuk Baru Proposisi Nilai Dan Interaksi Pelanggan Pada Desa Wisata Pulesari Di Yogyakarta
Abstract
Fenomena transformasi digital di era disruptif ini belum banyak diterapkan pada sektor
pariwisata khususnya desa wisata. Sudah banyak penelitian mengungkapkan bahwa
penerapan transformasi digital pada organisasi atau perusahaan menjadi penting untuk
dapat bertahan dari persaingan dan mengembangkan bisnis. Terdapat lima ranah (domain)
pada organisasi yang dapat ditransformasikan ke digital yaitu domain customer,
competition, data, innovation dan value (Rogers, 2017). Penelitian ini bertujuan untuk
memberikan rekomendasi strategi transformasi digital pada desa wisata. Menggunakan
metode kualitatif untuk menjaring data dan menganalisis strategi transformasi apa yang
tepat untuk kasus desa wisata. Domain strategi transformasi digital digunakan untuk
membawa perubahan enterprise pada desa wisata. Temuan pokok pada penelitian ini yaitu
domain nilai (value) dan pelanggan (customer) memiliki pengaruh besar untuk
menciptakan bentuk baru proposisi nilai dan interaksi pelanggan pada Desa Wisata
Pulesari. Dua domain strategi transformasi digital tersebut dapat meningkatkan
ketertarikan pelanggan pada desa wisata. Bentuk baru proposisi nilai juga akan ditemukan
pada domain ini untuk dijadikan sebuah produk baru bagi pengunjung sehingga setiap
pelanggan yang datang akan mendapatkan new value dan new experience. Dalam bidang
akademik, penelitian ini menyajikan informasi terkait proses transformasi digital yang
membawa perubahan enterprise pada desa wisata.