Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Dan Kecil (Umk) Di Kalangan Generasi Y Dan Generasi Z
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
kinerja Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di kalangan Generasi Y dan Generasi Z.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan variabel Risk Taking, Networking,
Technology Usage, dan Entrepreneurial Competencies yang akan mempengaruhi
variabel Enterprise Performance. Dalam penelitian ini pemilihan sampel
menggunakan metode purposive sampling dan convenience sampling, dengan
kriteria sampel yaitu para pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) yang termasuk
dalam Generasi Y dan Generasi Z dimana saat ini berusia kurang dari 41 tahun.
Berdasarkan kriteria tersebut, diperoleh sampel sebanyak 227 responden yang
memenuhi kriteria di Indonesia. Penelitian ini menggunakan Structural Equation
Modeling (SEM) untuk menganalisis hubungan antar variabel secara lebih
Kompleks dan dilakukan dengan metode kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini
menunjukkan bahwa risk taking dan networking memiliki pengaruh yang signifikan
positif terhadap entrepreneurial competencies maupun terhadap enterprise
performance. Selanjutnya pada entrepreneurial competencies juga berpengaruh
signifikan positif terhadap enterprise performance. Akan tetapi technology usage
tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap enterprise performance, namun
technology usage memiliki pengaruh signifikan terhadap entrepreneurial
competencies.
Collections
- Akuntansi [4426]