Analisis Pengaruh Kepadatan Lalu Lintas Terhadap Performansi Pengemudi Menggunakan Driving Simulator Dan Galvanic Skin Response
Abstract
Kepadatan lalu lintas merupakan salah satu permasalahan yang ada di Indonesia saat ini.
Selain itu kepadatan lalu lintas juga menimbulkan beberapa dampak negatif bagi
pengemudi, diantaranya adalah kelelahan fisik dan mental. Manusia sendiri sebagai
pengemudi memiliki faktor fisiologis dan psikologis. Kedua faktor tersebut harus
dipertimbangkan karena biasanya merupakan penyebab potensial kecelakaan. Oleh
karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dua kondisi
perlakuan (lalu lintas lancar dan padat) terhadap performansi pengemudi, di dalam
penelitian ini juga terdapat dua kelompok usia yaitu usia remaja (17-25 tahun) dan dewasa
(26-45 tahun). Pada penelitian ini akan dilihat perubahan psikologis yang terjadi pada
kulit menggunakan alat galvanic skin response dan menghitung jumlah kesalahan pada
saat melakukan eksperimen mengemudi menggunakan alat driving simulator. Hasil yang
diperoleh melalui uji statistik menunjukkan bahwa dua kondisi perlakuan lalu lintas tidak
mempengaruhi performansi dari pengemudi dengan nilai pengaruh masing – masing pada
lalu lintas lancar dan padat sebesar 6.3% dan 4.1%. Kemudian diperoleh juga hasil bahwa
usia dan pengalaman mengemudi dari responden tidak mempengaruhi performansi
pengemudi, dengan nilai pengaruh masing – masing sebesar 5.9% dan 2.5%. Terakhir
diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara dua kondisi
perlakuan lalu lintas dengan nilai signifikansi sebesar 0.004, hasil tersebut juga didukung
dengan grafik yang memperlihatkan perbedaan jumlah kesalahan yang dilakukan selama
mengemudi dengan diberikan kedua perlakuan kondisi lalu lintas.
Collections
- Industrial Engineering [2224]