Show simple item record

dc.contributor.advisorAtyanti Dyah Prabaswari, S.T., M.Sc.
dc.contributor.authorBARUM GERHANA
dc.date.accessioned2022-06-09T01:44:28Z
dc.date.available2022-06-09T01:44:28Z
dc.date.issued2021-12-07
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37781
dc.description.abstractKepadatan lalu lintas merupakan salah satu permasalahan yang ada di Indonesia saat ini. Selain itu kepadatan lalu lintas juga menimbulkan beberapa dampak negatif bagi pengemudi, diantaranya adalah kelelahan fisik dan mental. Manusia sendiri sebagai pengemudi memiliki faktor fisiologis dan psikologis. Kedua faktor tersebut harus dipertimbangkan karena biasanya merupakan penyebab potensial kecelakaan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dua kondisi perlakuan (lalu lintas lancar dan padat) terhadap performansi pengemudi, di dalam penelitian ini juga terdapat dua kelompok usia yaitu usia remaja (17-25 tahun) dan dewasa (26-45 tahun). Pada penelitian ini akan dilihat perubahan psikologis yang terjadi pada kulit menggunakan alat galvanic skin response dan menghitung jumlah kesalahan pada saat melakukan eksperimen mengemudi menggunakan alat driving simulator. Hasil yang diperoleh melalui uji statistik menunjukkan bahwa dua kondisi perlakuan lalu lintas tidak mempengaruhi performansi dari pengemudi dengan nilai pengaruh masing – masing pada lalu lintas lancar dan padat sebesar 6.3% dan 4.1%. Kemudian diperoleh juga hasil bahwa usia dan pengalaman mengemudi dari responden tidak mempengaruhi performansi pengemudi, dengan nilai pengaruh masing – masing sebesar 5.9% dan 2.5%. Terakhir diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara dua kondisi perlakuan lalu lintas dengan nilai signifikansi sebesar 0.004, hasil tersebut juga didukung dengan grafik yang memperlihatkan perbedaan jumlah kesalahan yang dilakukan selama mengemudi dengan diberikan kedua perlakuan kondisi lalu lintas.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKepadatan Lalu Lintasen_US
dc.subjectUsia, Performansien_US
dc.subjectDriving Simulatoren_US
dc.subjectGalvanic Skin Responseen_US
dc.subjectGalvanic Skin Response.en_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Kepadatan Lalu Lintas Terhadap Performansi Pengemudi Menggunakan Driving Simulator Dan Galvanic Skin Responseen_US
dc.Identifier.NIM17522227


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record