Analisis Pola Perilaku Konsumen Menggunakan Metode Market Basket Analysis (Mba) Pada Toko Sayur Keluarga (Tosaga) Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi novel Coronavirus (COVID-19) memiliki dampak langsung yang merusak
ekonomi dalam berbagai cara. Misalnya, ada penutupan perbatasan, dan persyaratan
tinggal di rumah. Pada masa pandemi ini peneliti ingin menganalisis dari data transaksi
produk apa saja yang sering dikonsumsi konsumen dalam waktu bersamaan yang berada
di Toko Sayur Keluarga (TOSAGA) pada saat pandemi COVID-19 yang berada di tahun
2020 untuk membuktikan pengaruh COVID-19 terhadap penjualan di TOSAGA. Market
Basket Analysis atau MBA adalah bidang teknik pemodelan berdasarkan teori bahwa jika
Anda membeli sekelompok item tertentu, Anda kemungkinan besar akan membeli
kelompok item lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola perilaku konsumen
dalam berbelanja, peneliti akan memakai data transaksi yang ada pada Toko Sayur
Keluarga (TOSAGA) dan mengolahnya dengan metode MBA dengan bantuan software
Anaconda yang memakai bahasa pemrograman Python dan proses data mining yang
digunakan yaitu knowledge discovery in database (KDD) serta algoritma yang digunakan
yaitu algoritma apriori yang akan digunakan dalam pengolahan data. Dari hasil penelitian
ini didapatkan kesimpulan bahwa pada saat Pandemi ini tingkat transaksi yang ada di
Tosaga meningkat dari 33.462 data transaksi di tahun 2019 menjadi 40.750 data transaksi
pada saat pandemi COVID-19. Produk tertinggi pada tahun 2020 yaitu produk cabe rawit
pack yang berbeda dengan produk tertinggi pada tahun 2019 yaitu tempe. Strategi
pemasaran yang dapat dilakukan TOSAGA yaitu price bundling dengan cara
memaketkan produk cabe (cabe merah dan cabe rawit) dan produk bawang (bawang
merah dan bawang putih)
Collections
- Industrial Engineering [2225]