Show simple item record

dc.contributor.advisorSuci Miranda, S.T., M.Sc.
dc.contributor.authorFAIRUZ RIDHO ARRAFII
dc.date.accessioned2022-06-08T06:17:22Z
dc.date.available2022-06-08T06:17:22Z
dc.date.issued2021-11-13
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37774
dc.description.abstractPandemi novel Coronavirus (COVID-19) memiliki dampak langsung yang merusak ekonomi dalam berbagai cara. Misalnya, ada penutupan perbatasan, dan persyaratan tinggal di rumah. Pada masa pandemi ini peneliti ingin menganalisis dari data transaksi produk apa saja yang sering dikonsumsi konsumen dalam waktu bersamaan yang berada di Toko Sayur Keluarga (TOSAGA) pada saat pandemi COVID-19 yang berada di tahun 2020 untuk membuktikan pengaruh COVID-19 terhadap penjualan di TOSAGA. Market Basket Analysis atau MBA adalah bidang teknik pemodelan berdasarkan teori bahwa jika Anda membeli sekelompok item tertentu, Anda kemungkinan besar akan membeli kelompok item lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola perilaku konsumen dalam berbelanja, peneliti akan memakai data transaksi yang ada pada Toko Sayur Keluarga (TOSAGA) dan mengolahnya dengan metode MBA dengan bantuan software Anaconda yang memakai bahasa pemrograman Python dan proses data mining yang digunakan yaitu knowledge discovery in database (KDD) serta algoritma yang digunakan yaitu algoritma apriori yang akan digunakan dalam pengolahan data. Dari hasil penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa pada saat Pandemi ini tingkat transaksi yang ada di Tosaga meningkat dari 33.462 data transaksi di tahun 2019 menjadi 40.750 data transaksi pada saat pandemi COVID-19. Produk tertinggi pada tahun 2020 yaitu produk cabe rawit pack yang berbeda dengan produk tertinggi pada tahun 2019 yaitu tempe. Strategi pemasaran yang dapat dilakukan TOSAGA yaitu price bundling dengan cara memaketkan produk cabe (cabe merah dan cabe rawit) dan produk bawang (bawang merah dan bawang putih)en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAlgoritma Apriorien_US
dc.subjectBahasa Pemrogramanen_US
dc.subjectCOVID-19en_US
dc.subjectKnowledge Discovery in Databaseen_US
dc.subjectMarket Basket Analysisen_US
dc.subjectPerishable Producten_US
dc.titleAnalisis Pola Perilaku Konsumen Menggunakan Metode Market Basket Analysis (Mba) Pada Toko Sayur Keluarga (Tosaga) Di Masa Pandemi Covid-19en_US
dc.Identifier.NIM16522020


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record