Pengembangan Media Pembelajaran Destination Berbasis Multiplatform
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
Destination berbasis Multiplatform dan mengetahui kelayakannya. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model 4-D
(Thiagarajan, dkk., 1974). Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan media
dengan 3 tahapan dari 4-D yaitu tahap define dilakukan dengan menganalisis
permasalahan dan kebutuhan yang dialami peserta didik dan guru serta menentukan
konsep materi yang diterapkan media pembelajaran sesuai dengan hasil analisis
kebutuhan. Analisis kebutuhan dilakukan pada Guru Kimia SMK 2 Yogyakarta,
SMA N 1 Pakem, dan SMA N 1 Cangkringan serta peserta didik SMA N 1
Yogyakarta, SMA N 1 Pakem, SMA N 1 Cangkringan. Tahap design dilakukan
dengan menentukan dan merencanakan produk yang akan dikembangkan sesuai
dengan analisis kebutuhan. Media pembelajaran Destination merupakan aplikasi
berbasis Multiplatform yang berisi materi distilasi fraksinasi minyak bumi serta
sumber energi terbarukan sebagai alternatif energi. Tahap develop dilakukan
dengan mengembangkan produk yang telah direncanakan serta penilaian kelayakan
oleh ahli media dan materi. Hasil penilaian kelayakan produk oleh ahli media dan
materi mendapatkan skor rata-rata sebesar 47,5 dengan kategori Sangat Baik (SB).
Dengan demikian, dapat dikatakan media pembelajaran Destination layak
digunakan sebagai media pembelajaran untuk peserta didik SMA/sederajat.
Collections
- Chemistry Education [326]