Kemampuan Penyesuaian Belajar (Learning Adaptability) Dan Kesehatan Sosial-Emosional (Social Emotional Health) Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi COVID-19 membawa banyak perubahan, baik pada cara belajar maupun
kondisi psikologis mahasiswa. Studi ini bertujuan untuk menguji korelasi antara
kemampuan penyesuaian belajar (learning adaptability) dengan kesehatan sosialemosional
(social
emotional
health)
pada
mahasiswa.
Responden
pada
penelitian
ini
berjumlah
254
orang
terdiri
dari
mahasiswi
dan
mahasiswa
yang
berasal
dari
Perguruan
Tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta yang sedang mengikuti
pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19 dengan rentang usia 18-25
tahun dan terdiri dari 58 laki-laki dan 196 perempuan. Skala kemampuan
penyesuaian belajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah Learning
Adaptability Scale yang diterjemahkan dari penelitia Feng & Li (2002), sedangkan
skala social emotional health yang mengacu pada skala Social-Emotional Health
Survey-High Education (SEHS-HE) oleh Furlong (2016). Analisis data dibantu
dengan program SPSS Version 25 for Mac serta metode analisis data yang
digunakan yaitu uji korelasi Spearman’s rho. Berdasarkan hasil penelitian yang
diperoleh, learning adaptability dan social emotional health menunjukkan korelasi
positif dan signifikan (r = 0.188; ρ = 0.03).
Collections
- Psychology [2173]