Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi
Abstract
Penyebaran virus COVID-19 (Coronavirus Diseases-19) yang sangat cepat di Indonesia,
telah memberikan dampak besar pada berbagai bidang di Indonesia terutama pada bidang
pendidikan. Hal tersebut kemudian menuntut lembaga pendidikan untuk melakukan inovasi
dalam proses belajar-mengajar selama masa pandemi COVID-19. Salah satu inovasi yang
dilakukan oleh lembaga pendidikan agar proses pembelajaran tetap terlaksanakan di tengah
pandemi COVID-19 ini adalah dengan melaksanakan pembelajaran secara online atau daring
dengan memanfaatkan teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi informasi untuk
pembelajaran daring di masa pandemi menggunakan e-learning menjadi solusi agar kegiatan
belajar-mengajar tetap bisa dijalankan, tidak hanya sebagai media penyampaian materi
pembelajaran tetapi juga menjadi perubahan dalam kemampuan berbagai kompetensi peserta
didik. Namun, dalam proses penerapannya tidak serta merta tanpa masalah. Perubahan
mendadak dari metode pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran jarak jauh (online)
dari rumah secara mendadak (karena pandemi COVID-19) membuat proses penerapan
pembelajaran daring dirasa kurang efektif. Oleh sebab itu, penting untuk meneliti bagaimana
efektivitas penggunaan teknologi informasi terhadap pembelajaran daring di masa pandemi
serta kendala dan dampak yang dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran daring.
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif (hubungan) dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang terlibat dalam pembelajaran daring dan peserta
didik kelas X dan XI di SMA Budi Mulia Dua, SMAN 1 Ngemplak, dan SMAS Ikip Veteran.
Teknik pengumpulan data primer pada penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Analisis
data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial non parametrik dengan
menggunakan metode uji hipotesis Korelasi Rank Spearman.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan
antara variabel efektivitas penggunaan teknologi informasi (X) dengan variabel pembelajaran
daring di masa pandemi (Y). Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,611
dengan menggunakan
sebesar 1% (0,01) dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000.
Pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 juga memiliki berbagai kendala
dan dampak yang dialami oleh guru, peserta didik, maupun orang tua. Mulai dari lemahnya
penguasaan teknologi informasi, hilangnya minat belajar dan motivasi belajar peserta didik,
serta keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran.
Collections
- Informatics Engineering [2148]