Show simple item record

dc.contributor.advisorBeni Suranto, S.T., M.SoftEng.
dc.contributor.authorTRENALDY ADI SUCIPTO
dc.date.accessioned2022-06-02T07:17:14Z
dc.date.available2022-06-02T07:17:14Z
dc.date.issued2021-10-10
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37711
dc.description.abstractPenyebaran virus COVID-19 (Coronavirus Diseases-19) yang sangat cepat di Indonesia, telah memberikan dampak besar pada berbagai bidang di Indonesia terutama pada bidang pendidikan. Hal tersebut kemudian menuntut lembaga pendidikan untuk melakukan inovasi dalam proses belajar-mengajar selama masa pandemi COVID-19. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh lembaga pendidikan agar proses pembelajaran tetap terlaksanakan di tengah pandemi COVID-19 ini adalah dengan melaksanakan pembelajaran secara online atau daring dengan memanfaatkan teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi informasi untuk pembelajaran daring di masa pandemi menggunakan e-learning menjadi solusi agar kegiatan belajar-mengajar tetap bisa dijalankan, tidak hanya sebagai media penyampaian materi pembelajaran tetapi juga menjadi perubahan dalam kemampuan berbagai kompetensi peserta didik. Namun, dalam proses penerapannya tidak serta merta tanpa masalah. Perubahan mendadak dari metode pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran jarak jauh (online) dari rumah secara mendadak (karena pandemi COVID-19) membuat proses penerapan pembelajaran daring dirasa kurang efektif. Oleh sebab itu, penting untuk meneliti bagaimana efektivitas penggunaan teknologi informasi terhadap pembelajaran daring di masa pandemi serta kendala dan dampak yang dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif (hubungan) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang terlibat dalam pembelajaran daring dan peserta didik kelas X dan XI di SMA Budi Mulia Dua, SMAN 1 Ngemplak, dan SMAS Ikip Veteran. Teknik pengumpulan data primer pada penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial non parametrik dengan menggunakan metode uji hipotesis Korelasi Rank Spearman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel efektivitas penggunaan teknologi informasi (X) dengan variabel pembelajaran daring di masa pandemi (Y). Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,611 dengan menggunakan  sebesar 1% (0,01) dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 juga memiliki berbagai kendala dan dampak yang dialami oleh guru, peserta didik, maupun orang tua. Mulai dari lemahnya penguasaan teknologi informasi, hilangnya minat belajar dan motivasi belajar peserta didik, serta keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectTeknologi Informasien_US
dc.subjectPandemi COVID-19en_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.titleEfektivitas Penggunaan Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran Daring Di Masa Pandemien_US
dc.Identifier.NIM17523168


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record