Analisis Persaingan Harga Pada Perantara (Broker) Pasar Percetakan Di Dki Jakarta: Satu Pendekatan Kualitatif
Abstract
Indsutri percetakan adalah sebuah industri dengan sedikitnya lampiran data yang
terbuka. Tidak ada sama sekali lampiran keuntungan dan diversifikasi harga yang
sangat luas menjadikan harga-harga yang beredar dalam masyarakat menjadi rancu.
Perhatian utama sehubungan dengan harga adalah, mengetahui seberapa tingginya
perbedaan harga dalam dunia broker di industri percetakan di DKI Jakarta. Secara
spesifik tujuan penelitian ini dirinci sebagai berikut ; (1) Menganalisis struktur,
perilaku dan kinerja pada broker pada industri percetakan di DKI Jakarta (2)
mengetahui pola persaingan harga pada broker di industri percetakan di DKI Jakarta
(3) mengetahui perilaku (conduct) broker sehingga broker dapat bertahan dengan
banyaknya persaingan dengan percetakan itu sendiri. Data yang dipakai merupakan
hasil wawancara dengan beberapa broker di DKI Jakarta. Data dianalisis
menggunakan konsentrasi empat perusahaan terbesar (CR4). Selanjutnya dibuatkan
penjelasan dan implikasi terhadap data wawancara tersebut, dengan menampilkan
harga pada hasil wawancara dan dibandingkan dengan seberapa besar pangsa pasar
industri percetakan di DKI Jakarta pada tahun 2017 hingga 2019. Perilaku yang
terjadi pada persaingan harga broker menyatakan tidak adanya perbedaan yang
signifikan terhadap para broker, dan tingginya praktik tacit collution pada broker.
Karena mereka mengalami peristiwa yang sama implikasi dari para klien, sehingga
kerjasama diantara broker menjadi hal yang relevan. Penekanan terhadap broker
dari klien menjadikan hal utama mereka melipatkan harga yang akan diberikan
kepada klien dan saling bertukar informasi terhadap sesama broker.
Collections
- Economics [2138]