Analyzing The Intention To Use Shopee Application For Smes Industry By Using Unified Theory Of Acceptance And Technology 2 Model
Abstract
Penelitian ini menganalisa ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh
sosial, kondisi fasilitasi, motivasi hedonis, dan kebiasaan terhadap niat menggunakan
aplikasi Shopee. Penelitian ini juga mempelajari kondisi yang memfasilitasi,
Kebiasaan, dan Niat menggunakan aplikasi Shopee menuju perilaku yang sebenarnya.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang
diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan secara online melalui Google Form.
Metode pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik
snowball sampling. Sampel terdiri dari 160 responden yang mengunduh dan
menerapkan aplikasi Shopee. Metode analisis data menggunakan metode Partial Least
Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS v3.3.3. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hanya Ekspektasi Kinerja dan Kondisi yang Memfasilitasi yang
berpengaruh positif signifikan terhadap niat menggunakan Aplikasi Shopee.
Sedangkan Kebiasaan, Kondisi yang Memfasilitasi dan Niat Perilaku berpengaruh
positif signifikan terhadap perilaku aktual. Dibandingkan dengan penelitian
sebelumnya Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Kondisi yang Memfasilitasi, dan
Hubungan Pengaruh Sosial tidak ditemukan memiliki pengaruh yang signifikan.
Terakhir, penelitian ini menunjukkan bagaimana membantu para pengusaha untuk
meningkatkan niat menggunakan aplikasi Shopee pada bisnis mereka.
Collections
- Akuntansi [4509]