Show simple item record

dc.contributor.advisorHoly Rafika Dhona, S.I.Kom., M.A.
dc.contributor.authorMUHAMMAD FIRLY SEPTIANTO
dc.date.accessioned2022-05-31T01:44:29Z
dc.date.available2022-05-31T01:44:29Z
dc.date.issued2022-01-13
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37624
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) mediatisasi digital nomaden di Yogyakarta dan (2) mediatisasi mempengaruhi pemilihan Yogyakarta sebagai tempat oleh digital nomaden. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah mediatisasi digital nomaden di Yogyakarta. Informan dalam penelitian ini adalah wisatawan flashpacker/digital nomad yang berkunjung ke Kota Yogyakarta dengan tujuan bekerja sekaligus berwisata sebanyak 4 orang. Metode pengumpulan data menggunakan Metode Dokumentasi dan Metode Interview atau Wawancara. Teknik analisa sumber yang digunakan penulis adalah deskriptif analitik dengan menggunakan analisa kualitatif. Teknik pemeriksaan keabsahan sumber yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik triangulasi sumber Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mediatisasi digital nomaden di Yogyakarta mampu merubah komunikasi dan interaksi melalui media online dalam hal kepariwisataan dimana media online dipilih dengan tujuan untuk mengubah citra Yogyakarta sebagai daerah tujuan wisata, dari posisi runner up menjadi the winner salah satunya dengan adanya berbagai profesi digital nomaden yang memilih kota Yogyakata sebagai tempat tinggal sementara dibandigta besar lainnya. Media menjadi aktor dalam proses perubahan kebiasaan masyarakat di era teknologi digital. Dilihat dari sisi positif media mampu mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi, layanan serta kegiatan lainnya. Namun disisi lain media dapat mengendalikan masyarakat dan menjadikannya tunduk pada aturan yang dibuat oleh media itu sendiri. (2) Mediatisasi mempengaruhi pemilihan kota Yogyakarta sebagai tempat oleh digital nomaden menggunakan platform media online mulai dari informasi mengenai atraksi, budaya, fasilitas, dan informasi lainnya mengenai kota Yogyakarta.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectmediatisasien_US
dc.subjectdigital nomadenen_US
dc.subjectdan Yogyakartaen_US
dc.titleMediatisasi Digital Nomaden (Studi Deskriptif Tentang Digital Nomaden Di Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM14321065


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record