dc.contributor.advisor | Holy Rafika Dhona, S.I.Kom., M.A. | |
dc.contributor.author | MUHAMMAD FIRLY SEPTIANTO | |
dc.date.accessioned | 2022-05-31T01:44:29Z | |
dc.date.available | 2022-05-31T01:44:29Z | |
dc.date.issued | 2022-01-13 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37624 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) mediatisasi digital
nomaden di Yogyakarta dan (2) mediatisasi mempengaruhi pemilihan Yogyakarta
sebagai tempat oleh digital nomaden.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek
penelitian ini adalah mediatisasi digital nomaden di Yogyakarta. Informan dalam
penelitian ini adalah wisatawan flashpacker/digital nomad yang berkunjung ke
Kota Yogyakarta dengan tujuan bekerja sekaligus berwisata sebanyak 4
orang. Metode pengumpulan data menggunakan Metode Dokumentasi dan
Metode Interview atau Wawancara. Teknik analisa sumber yang digunakan
penulis adalah deskriptif analitik dengan menggunakan analisa kualitatif. Teknik
pemeriksaan keabsahan sumber yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan
teknik triangulasi sumber
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mediatisasi digital nomaden di
Yogyakarta mampu merubah komunikasi dan interaksi melalui media online
dalam hal kepariwisataan dimana media online dipilih dengan tujuan untuk
mengubah citra Yogyakarta sebagai daerah tujuan wisata, dari posisi runner up
menjadi the winner salah satunya dengan adanya berbagai profesi digital nomaden
yang memilih kota Yogyakata sebagai tempat tinggal sementara dibandigta besar
lainnya. Media menjadi aktor dalam proses perubahan kebiasaan masyarakat di
era teknologi digital. Dilihat dari sisi positif media mampu mempermudah
masyarakat dalam mendapatkan informasi, layanan serta kegiatan lainnya. Namun
disisi lain media dapat mengendalikan masyarakat dan menjadikannya tunduk
pada aturan yang dibuat oleh media itu sendiri. (2) Mediatisasi mempengaruhi
pemilihan kota Yogyakarta sebagai tempat oleh digital nomaden menggunakan
platform media online mulai dari informasi mengenai atraksi, budaya, fasilitas,
dan informasi lainnya mengenai kota Yogyakarta. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | mediatisasi | en_US |
dc.subject | digital nomaden | en_US |
dc.subject | dan Yogyakarta | en_US |
dc.title | Mediatisasi Digital Nomaden (Studi Deskriptif Tentang Digital Nomaden Di Yogyakarta) | en_US |
dc.Identifier.NIM | 14321065 | |