Sistem Pengendalian Mutu Kap Mnk & Rekan: Analisis Unsur Penerimaan Dan Keberlanjutan Klien
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesesuaian antara Manual Book Sistem
Pengendalian Mutu pada KAP Z pada unsur penerimaan dan keberlanjutan klien dengan
Pernyataan Standar Pengendalian Mutu (PSPM) tahun 2011 yang ditetapkan Institut
Akuntan Publik Indonesia serta untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan Sistem
Pengendalian Mutu KAP Z pada unsur penerimaan dan keberlanjutan klien dengan
Manual Book Sistem Pengendalian mutu yang ditetapkan kap Z. Sistem pengendalian
mutu dapat dijadikan panduan atau acuan bagi Kantor Akuntan Publik dalam
melaksanakan tahapan-tahapan audit dan pengendalian atas kualitas jasa audit yang
dihasilkan oleh KAP agar dapat mengurangi terjadinya berbagai kemungkinan resiko
yang dihadapi. Unsur penerimaan dan keberlanjutan hubungan dengan klien yang di
proksikan dengan penerimaan dan keberlanjutan klien, pertimbangan klien baru dan klien
lama, pengunduran diri dari perikatan, independensi, hubungan terus menerus personil
senior dalam perikatan audit, dan konflik kepentingan dapat dijadikan pedoman bagi KAP
untuk terdapat hubungan dengan klien yang tidak berintegritas. Penelitian dilakukan
dengan menggunkan metode deskriptif dengan mengolah informasi yang diperoleh. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Manual Book Sistem Pengendalian Mutu pada KAP Z
pada unsur penerimaan dan keberlanjutan klien telah sesuai dengan PSPM. Sedangkan
pelaksanaan Sistem Pengendalian Mutu KAP Z telah sesuai dengan Manual Book SPM
KAP Z.
Collections
- Akuntansi [4399]