Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Academic Burnout Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi Covid-19 telah mengubah sistem perkuliahan menjadi perkuliahan jarak
jauh yaitu secara daring di seluruh dunia. Di Indonesia, perkuliahan daring telah
dilakukan selama hampir dua tahun. Perubahan drastis ini dapat menyebabkan
academic burnout pada mahasiswa. Penelitian ini ingin mengetahui peran dan
hubungan antara kontrol diri dengan academic burnout pada mahasiswa di masa
pandemi Covid-19. Sebanyak 119 mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di
Yogyakarta berpartisipasi dalam penelitian ini. Mereka mengisi survei daring yang
terdiri dari skala kontrol diri dan skala academic burnout. Hasil analisis menunjukkan
adanya hubungan negatif dengan kategori sedang antara kontrol diri dengan academic
burnout. Kedua dimensi kontrol diri yaitu inhibisi dan inisiasi juga diketahui
memiliki korelasi negatif dengan academic burnout. Selanjutnya analisis regresi
mengungkapkan bahwa dimensi inisiasi dapat memprediksi academic burnout, tetapi
tidak dengan dimensi inhibisi. Dengan demikian, kontrol diri memiliki peran penting
dalam mengurangi academic burnout pada mahasiswa.
Collections
- Psychology [2270]