Measuring Company Performance Using The Balanced Scorecard (The Case Study Of Cv. Supermarket Air Minum Khaira, Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja perusahaan dengan
menggunakan metode empat perspective (Balance Scorecard), Yakni: Perspektif
keuangan, pelanggan, internal bisnis, dan pembelajaran & pertumbuhan pada CV.
Supermarket Air Minum KHAIRA pada tahun 2018-2020, serta sejauh mana
perkembangan kinerja yang telah dicapai selama tiga periode tahun tersebut. Dalam
penelitian ini menggunakan format deskriptif yang disertai metode pendekatan
kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder
yang didapat dari hasil wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini juga
menggunakan instrument penilaian skala likert. Untuk teknis analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa Kinerja perusahaan CV. Supermarket Air
Minum KHAIRA pada tahun 2018-2020, menghasilkan pencapaian kinerja sebesar
57% dari total 14 Variabel yang diujikan 8 diantaranya melewati standar minimum
ratio, sedangkan 6 variabel lainnya dinyatakan masih belum mencapai minimum
standar ratio. dalam perspektif keuangan, Margin laba kotor nilai rata-rata selama
tiga tahun sebesar 80, 49%, Margin laba operasi sebesar 27, 68%, Roa sebesar 6,
49% dan total perputaran asset sebesar 22, 86%. Sedangkan dalam perspektif
pelanggan, Rata-rata pencapaian Retensi pelanggan selama tiga tahun tersebut
sebesar 11%, Akuisisi pelanggan sebesar 6%, dan kepuasan pelanggan sebesar 87%.
Untuk perspektif learning & Pertumbuhan, Rata-rata perputaran karyawan sebesar
-7, 19% dan tingkat produktivitas karyawan sebesar Rp.474.161.Sedangkan untuk
perspektif Internal bisnis tidak mendapat hasil yang pasti dikarenakan tidak adanya
kelengkapan data yang dibutuhkan dari CV. Supermarket Air Minum KHAIRA.
Collections
- Akuntansi [4424]