dc.description.abstract | Studi ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan PT. Bumi Nata
Wisata dalam menjalankan usahanya, mekanisme dalam implementasi strategi yang
dipilih, kendala dan tangangan yang dihadapi perusahaan dalam menjalankan
strateginya, serta perbaikan-perbaikan yang dapat dilakukan dalam menjalankan
perusahaan. Penelitian dilakukan di PT. Bumi Nata Wisata Tour dan Travel Cabang
Kota Yogyakarta. Penelitian dengan metode kualitatif berbasis studi lapangan dengan
menggunakan metode pengambilan data berupa wawancara dengan lima orang
narasumber. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian memperlihatkan strategi yang digunakan perusahaan dalam menjalankan
usahanya di masa pandemi Covid-19, yakni: strategi produk, harga, promosi, dan
distribusi. Implementasi strategi yang dipilih dengan melakukan adaptasi atau
penyesuaian dengan masa pandemi berupa penyesuaian produk dengan melakukan
diversifikasi, mempertahankan pelayanan berkualitas dan pemberian fasilitas,
implementasi strategi harga dengan membuat variasi harga, sistem pembayaran yang
lebih fleksibel, implementasi promosi dengan gencar menggunakan sosial media, dan
saluran distribusi melalui pelayanan media online. Terkait dengan pelaksanaan
strategi yang dipilih beberapa hambatan dan kendala, seperti keterbatasan pelayanan
secara langsung di kantor, harga produk yang terlalu tinggi yang hanya menjangkau
ekonomi kelas menengah ke atas, dan kendala belum keterbatasan pegawai dalam
melakukan pelayanan melalui online, belum tersedianya staf khusus yang menguasai
media online, pengurangan kuota Haji dan Umrah, biaya-biaya protokol kesehatan,
dan persaingan harga. Beberapa perbaikan yang dapat dilakukan seperti penyediaan
staf khusus yang menguasai media online, mengoptimalkan media onlione berupa
sosial media, dan membuat produk yang lebih terjangkau oleh seluruh lapisan
masyarakat sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat pada masa pandemi. | en_US |