Show simple item record

dc.contributor.authorRini Triyantini
dc.date.accessioned2022-05-10T05:56:33Z
dc.date.available2022-05-10T05:56:33Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37250
dc.description.abstractRini Triyantini. 07331084. Analisis Kegiatan Promosi Program Acara Televisi (Studi Deskriptif Program Acara “Apa Kabar Indonesia Pagi” dan “Coffee Break” di tvOne Periode Juli sampai Desember 2011). Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2012. Program acara “Apa Kabar Indonesia Pagi” dan “Coffee Break” merupakan dua program acara berjenis/genre talk show/perbincangan pada stasiun televisi tvOne. Untuk dapat eksis dan memenangkan persaingan, kedua program acara tersebut melakukan berbagai strategi. Dalam kegiatan promosi, strategi yang dilakukan oleh kedua program acara tersebut perlu mendapatkan fokus penelitian, dan oleh karena itu penelitian ini perlu dilakukan. Tujuan dari riset ini, secara khusus adalah untuk memperoleh gambaran tentang strategi-strategi khusus yang dilakukan oleh objek penelitian. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan menganut paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan melalui hasil wawancara, observasi, studi pustaka dan data sekunder/pendukung berdasarkan sumber AGB Nielson yang berupa tabel segmentasi penonton serta grafik rating dan share program acara “Apa Kabar Indonesia Pagi” dan “Coffee Break”. Konsep-konsep yang dioperasikan sebagai alat analisis meliputi profil program, segmentasi-targeting-positioning (STP) penonton, kegiatan promosi, rating dan share, penjualan program kepada pemasang iklan, penjadwalan program serta analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam upaya menjaring penonton dan pengiklan, program acara “Apa Kabar Indonesia Pagi” dan “Coffee Break” melakukan kegiatan promosi dalam bentuk on air yang berupa suatu tayangan produksi yang mengangkat sosok pembawa acara program acara tersebut dengan durasi 30 (tiga puluh) detik dan off air yang dilakukan melalui Special Event : seminar (road show dari kampus ke kampus yang membahas tentang jurnalistik), social network (facebook, twitter, website) dan surat kabar, melakukan perumusan segmentasi-targeting-positioning penonton, rating dan share serta penjualan program kepada pemasang iklan. Faktor pembeda kegiatan promosi pada kedua program acara tersebut adalah pada format durasi yakni pada program acara “Apa Kabar Indonesia Pagi” memiliki tiga format durasi, sedangkan pada program acara “Coffee Break” memiliki dua format durasi. Kata Kunci : Promosi, penonton, pengiklan, program acara “Apa Kabar Indonesia Pagi” dan program acara “Coffee Break”.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPromosi, penonton, pengiklan, program acara “Apa Kabar Indonesia Pagi” dan program acara “Coffee Break”en_US
dc.titleAnalisis Kegiatan Promosi Program Acara Televisi (Studi Deskriptif Program Acara “Apa Kabar Indonesia Pagi” dan “Coffee Break” di tvOne Periode Juli Sampai Desember 2011)en_US
dc.Identifier.NIM07331084


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record