Pengaruh Kualitas Informasi, Privasi, Keamanan, Kepercayaan, Pengalaman Dan Norma Subjektif Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Secara Online Dengan Persepsi Resiko Dan Sikap Sebagai Variabel Moderating
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan bukti empiris tentang niat bertransaksi secara online. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan theory planned behavior. Variabel yang diteliti pada penelitian ini adalah variabel kualitas informasi, privasi, keamanan, kepercayaan, norma subjektif, kontrol perilaku, pengalaman, persepsi resiko, sikap dan niat.
Objek penelitian ini adalah 110 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Penelitian ini menggunakan teknik sampling aksidental berdasarkan pada kemudahan (convenience). Uji validitas menggunakan konvergen dan diskriminan, dan uji reliabilitas menggunakan reliabilitas komposit.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh positif dan signifikan kepercayaan terhadap sikap, ada pengaruh positif dan signifikan keamanan terhadap persepsi risiko, ada pengaruh positif tidak signifikan kepercayaan terhadap persepsi risiko, ada pengaruh positif dan signifikan privasi terhadap persepsi risiko, ada pengaruh positif signifikan persepsi risiko terhadap sikap, ada pengaruh positif dan signifikan sikap terhadap niat, ada pengaruh negatif tidak signifikan persepsi risiko terhadap niat, ada pengaruh positif signifikan kontrol perilaku terhadap niat, ada pengaruh positif signifikan pengalaman terhadap niat, ada pengaruh positif dan signifikan norma subjektif terhadap niat dan ada pengaruh positif dan signifikan kualitas informasi terhadap niat.
Kata Kunci: Kualitas Informasi, Privasi, Keamanan, Kepercayaan, Pengalaman Internet, Niat dan The Theory Planned Behavior
Collections
- Akuntansi [4426]