Studi Komparatif Persepsi Guru Dengan Siswa Terkait Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi Pada Pembelajaran Tahfidz Smpit Di Batam Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi COVID-19 menyebabkan situasi kondisi darurat yang menimbulkan
problematika baru di berbagai sektor, salah satunya adalah pendidikan. Pengubahan metode
pembelajaran tatap muka menjadi daring dialami oleh semua jenjang pendidikan di Indonesia.
Pembelajaran daring memanfaatkan teknologi informasi dalam membantu proses pembelajaran
berlangsung. SMPIT di Batam memiliki pembelajaran tahfidz yang tidak dimiliki oleh sekolah
pada umumnya sehingga penelitian terhadap penggunaan teknologi informasi pada
pembelajaran tahfidz belum dilakukan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat
persepsi terhadap efektivitas penggunaan teknologi informasi yang digunakan ketika
pembelajaran tahfidz berlangsung selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif untuk membandingkan persepsi guru dengan
siswa. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan temuan bahwa mayoritas guru dan siswa
memberikan tanggapan yang positif sehingga efektivitas penggunaan teknologi informasi pada
pembelajaran tahfidz SMPIT di Batam dapat dikatakan efektif.
Collections
- Informatics Engineering [2148]