Evaluasi Kerusakan Dini Pada Lapis Tambah Dan Umur Sisa Perkerasan Menggunakan Metode Aashto 1993 Pada Ruas Jalan Diponegoro Klaten – Solo
Abstract
Kabupaten Klaten terletak di antara 2 kota besar yaitu Kota Yogyakarta dan Kota
Surakarta dan mempunyai banyak sumber daya alam sehingga Kabupaten Klaten sangat
berpotensi untuk dilewati kendaraan besar seperti trailer, truk ekspedisi, bus, dan truk pasir
yang diarahkan untuk melewati jalur khusus yaitu di Jalan Diponegoro atau sering disebut
dengan jalan bypass Pada tahun 2016 jalan Diponegoro dilakukan overlay dengan umur
rencana 10 tahun, namun pada tahun 2017 jalan tersebut sudah mengalami kerusakan. Pada
tahun 2018 kerusakan di ruas Jalan Diponegoro semakin parah, kejadian tersebut diindikasi
disebabkan oleh (overloading) yang terjadi pada kendaraan oleh karena itu tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kerusakan yang terjadi pada ruas jalan
Diponegoro (bypass) Klaten, mengetahui seberapa besar daya rusak suatu kendaraan yang
mengalami (overloading), dan seberapa besar pengaruh yang terjadi akibat beban yang
berlebih (overload) terhadap umur rencana jalan. Penelitian ini menggunakan metode
AASTHO 1993 sebagai panduan utamanya data yang dibutuhkan pada penelitian ini adalah
data sekunder yang berupa data LHR yang didapatkan dari B2PJN Semarang dan data
beban kendaraan yang didapatkan dari Jembatan Timbang Tamanmartani Prambanan. Dari
analisis data didapatkan jenis kerusakan jalan yang menimpa pada ruas Jalan Diponegoro
(bypass) Klaten banyak mengalami kerusakan kerusakan alur (ruting). Muatan berlebih
yang terjadi di lapangan mengakibatkan peningkatan VDF yang berupa golongan III
peningkatan nilai VDF sebesar 1,94 golongan IV peningkatan nilai VDF sebesar 2,33
golongan VI peningkatan nilai VDF sebesar 2,29, golongan VIIa peningkatan nilai VDF
sebesar 1,73 golongan VIIb peningkatan nilai VFD sebesar 1,62 dan golongan VIIc
peningkatan nilai VDF sebesar 1,36. Pada tahun 2021 masa layan jalan pada kondisi normal
sebesar 51,28% sedangkan masa layan pada kondisi overload sebesar -7,268% maka ruas
jalan Diponegoro (bypass) Klaten pada tahun 2021 pada kondisi overload sudah tidak dapat
lagi melayani lalu lintas kendaraan.
Collections
- Civil Engineering [4192]