Show simple item record

dc.contributor.advisorBerlian Kushari, S.T., M.Eng.
dc.contributor.authorMUHAMMAD IQBAL
dc.date.accessioned2022-04-18T02:44:19Z
dc.date.available2022-04-18T02:44:19Z
dc.date.issued2021-11-22
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37157
dc.description.abstractKabupaten Klaten terletak di antara 2 kota besar yaitu Kota Yogyakarta dan Kota Surakarta dan mempunyai banyak sumber daya alam sehingga Kabupaten Klaten sangat berpotensi untuk dilewati kendaraan besar seperti trailer, truk ekspedisi, bus, dan truk pasir yang diarahkan untuk melewati jalur khusus yaitu di Jalan Diponegoro atau sering disebut dengan jalan bypass Pada tahun 2016 jalan Diponegoro dilakukan overlay dengan umur rencana 10 tahun, namun pada tahun 2017 jalan tersebut sudah mengalami kerusakan. Pada tahun 2018 kerusakan di ruas Jalan Diponegoro semakin parah, kejadian tersebut diindikasi disebabkan oleh (overloading) yang terjadi pada kendaraan oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kerusakan yang terjadi pada ruas jalan Diponegoro (bypass) Klaten, mengetahui seberapa besar daya rusak suatu kendaraan yang mengalami (overloading), dan seberapa besar pengaruh yang terjadi akibat beban yang berlebih (overload) terhadap umur rencana jalan. Penelitian ini menggunakan metode AASTHO 1993 sebagai panduan utamanya data yang dibutuhkan pada penelitian ini adalah data sekunder yang berupa data LHR yang didapatkan dari B2PJN Semarang dan data beban kendaraan yang didapatkan dari Jembatan Timbang Tamanmartani Prambanan. Dari analisis data didapatkan jenis kerusakan jalan yang menimpa pada ruas Jalan Diponegoro (bypass) Klaten banyak mengalami kerusakan kerusakan alur (ruting). Muatan berlebih yang terjadi di lapangan mengakibatkan peningkatan VDF yang berupa golongan III peningkatan nilai VDF sebesar 1,94 golongan IV peningkatan nilai VDF sebesar 2,33 golongan VI peningkatan nilai VDF sebesar 2,29, golongan VIIa peningkatan nilai VDF sebesar 1,73 golongan VIIb peningkatan nilai VFD sebesar 1,62 dan golongan VIIc peningkatan nilai VDF sebesar 1,36. Pada tahun 2021 masa layan jalan pada kondisi normal sebesar 51,28% sedangkan masa layan pada kondisi overload sebesar -7,268% maka ruas jalan Diponegoro (bypass) Klaten pada tahun 2021 pada kondisi overload sudah tidak dapat lagi melayani lalu lintas kendaraan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectkerusakan Jalanen_US
dc.subjectAASHTO 1993en_US
dc.subjectOverloaden_US
dc.subjectvehicle damage factor (VDF)en_US
dc.subjectRemaining Lifeen_US
dc.titleEvaluasi Kerusakan Dini Pada Lapis Tambah Dan Umur Sisa Perkerasan Menggunakan Metode Aashto 1993 Pada Ruas Jalan Diponegoro Klaten – Soloen_US
dc.Identifier.NIM14511226


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record