Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Positif Terhadap Pemilihan Layanan SMS Banking
Abstract
Persaingan bisnis perbankan dan kemajuan teknologi telah melahirkan inovasi berupa SMS banking, yaitu sebuah layanan perbankan yang menggunakan teknologi pesan singkat (SMS) pada telepon seluler untuk melakukan transaksi perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam faktor-faktor apa saja dari produk SMS banking yang berpengaruh positif terhadap pemilihan layanan SMS banking. Ada 3 bank yang dijadikan objek penelitian yaitu BRI, BCA, Mandiri. Teori Marketing Mix dan Technology Acceptance Model digunakan sebagai tools untuk pemetaan performansi SMS banking. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner yang dibagikan pada 100 sampel responden dan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa faktor pekerjaan hanya signifikan terhadap variabel product dari bank BCA. Kemudian faktor penghasilan tidak signifikan terhadap variabel dari bank manapun. Dan dari 4 variabel yang diteliti dapat diketahui bahwa skor tertinggi variabel product terdapat pada bank Mandiri, skor tertinggi variabel price terdapat pada bank BCA, skor tertinggi variabel place terdapat pada bank BRI dan skor tertinggi variabel promotion terdapat pada bank Mandiri.
Kata kunci: Marketing Mix, Technology Acceptance Model, SMS banking
Collections
- Informatics Engineering [2189]