Hubungan Dukungan Lingkungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Kimia Siswa Kelas X Sman 1 Cangkringan Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kriteria dukungan lingkungan
keluarga pada siswa kimia kelas X SMAN 1 Cangkringan 2) kriteria motivasi
belajar pada siswa kimia kelas X SMAN 1 Cangkringan 3) hubungan antara
dukungan lingkungan keluarga dengan motivasi belajar kimia siswa SMAN 1
Cangkringan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Cangkringan yang berjumlah
143 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas X SMAN 1
Cangkringan yang berjumlah 135 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan teknik non tes dengan lembar kuesioner lingkungan keluarga dan lembar
kuesioner motivasi belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan
penentuan kriteria lingkungan keluarga dan kriteria motivasi belajar serta analisis
korelasi menggunakan uji statistika non parametrik dengan uji Spearman.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) kriteria dukungan
lingkungan keluarga yang dimiliki siswa kelas X SMAN 1 Cangkringan baik 2)
kriteria motivasi belajar yang dimiliki siswa kelas X SMAN 1 Cangkringan baik
3) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan lingkungan
keluarga dengan motivasi belajar kimia siswa SMAN 1 Cangkringan.
Collections
- Chemistry Education [324]