Kesiapan Siswa Dalam Menyerap Materi Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri Candirejo Ngaglik Sleman, D.I. Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kesiapan
siswa dalam menyerap materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri
Candirejo, yang meliputi: (1) aspek emosi, (2) aspek intelektual, (3) aspek moral,
(4) aspek sosial, (5) aspek keagamaan, dan (6) aspek materi PAI.
Subyek penelitian terdiri dari dua kelas yang ditentukan dengan teknik
purposive sampling. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah angket,
dikembangkan berdasarkan variabel Kesiapan Siswa Dalam Menyerap PAI. Data
hasil penelitian selanjutnya di analisis dengan teknik analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
kesiapan peserta didik SD Negeri Candirejo memiliki kesiapan dalam menyerap
materi pendidikan agama Islam memiliki secara kategori Tinggi yang meliputi
aspek intelektual, moral, sosial, keagamaan, dan materi PAI, kecuali aspek
kesiapan perkembangan emosi yang termasuk dalam kategori Sedang. Hal itu
disebabkan oleh pengemasan materi PAI yang kurang menarik dan minimnya
stimulan-stimulan yang diberikan pihak penyelenggara pendidikan kepada siswa
Sekolah Dasar Negeri Candirejo. Akan tetapi, secara umum siswa Sekolah Dasar
Negeri Candirejo secara fisik maupun psikologis siap untuk menerima, menyerap,
dan memahami materi PAI, baik yang diberikan melalui pengajaran di sekolah, di
rumah atau di lingkungan masyarakat.
Kata Kunci : Kesiapan Siswa, Materi, dan Pendidikan Agama Islam
Collections
- Islamic Education [861]