Hubungan Antara Norma Sosial Terhadap Perilaku Membeli Blackberry
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan positif antara
norma sosial terhadap perilaku membeli BlackBerry. Hipotesis yang diajukan
adalah ada hubungan antara norma sosial terhadap perilaku membeli BlackBerry,
semakin kuat norma sosial maka semakin tinggi perilaku membeli BlackBerry.
Sebaliknya, semakin lemah norma sosial maka semakin rendah perilaku membeli
BlackBerry. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa UII pengguna
BlackBerry baik yang berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan sejumlah 89
subjek penelitian. Adapun skala yang digunakan adalah skala Norma Sosial
berdasarkan aspek yang dikemukakan oleh Cialdini, dkk (Baron & Byrne, 2005)
sejumlah 15 aitem dengan koefisien alpha sebesar 0,784. Sedangkan skala
Perilaku Membeli disusun berdasar aspek yang dikemukakan oleh Assael (1992)
sejumlah 17 aitem dengan koefisien alpha sebesar 0,737. Kedua skala tersebut
disusun sendiri oleh peneliti. Metode analisis data menggunakan korelasi product
moment Pearson dengan program SPSS 16.0 for Windows. Analisis menunjukkan
korelasi (r) 0,766 dengan signifikansi p = 0,000 (p < 0,01) yang artinya ada
hubungan yang sangat signifikan antara norma sosial terhadap perilaku membeli
BlackBerry dengan sumbangan efektif sebesar 58,6%. Jadi hipotesis penelitian
diterima.
Kata Kunci : Norma Sosial, Perilaku Membeli, BlackBerry
Collections
- Psychology [2228]