Hubungan Antara Persepsi Beban Kerja Dengan Stres Kerja Pada Staf Marketing
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara persepsi beban kerja
dengan stres kerja pada staf marketing. Hipotesis dalam penelitian ini ialah
terdapat hubungan positif antara persepsi beban kerja dengan stres kerja pada
staf marketing, yaitu semakin tinggi persepsi beban kerja semakin tinggi stres
kerja, begitu juga sebaliknya. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 50 staf
marketing yang memiliki target penjualan. Subjek memiliki rentang usia antara
24–44 tahun. Penelitian ini menggunakan dua buah skala yang mengacu pada
teori beban kerja yang diungkapkan oleh Reid dan Nygren (Hancock, 1988) dan
skala stres kerja yang mengacu pada Robbins dan Judge (2007). Data yang
diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product
moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif
antara persepsi beban kerja dengan stres kerja pada staf marketing. Hal tersebut
ditunjukkan dengan taraf signifikansi r = 0,352 dan p = 0,006 atau p < 0,05.
Kata Kunci : Persepsi Beban kerja, Stres Kerja, Staf Marketing
Collections
- Psychology [2228]