Dinamika Motivasi Kerja Karyawan Bank Bagian Account Officer (AO) Berdasarkan Beban Kerja
Abstract
Penelitian kualitatif dengan desain studi kasus ini bertujuan untuk mengungkap
secara mendalam tentang dinamika motivasi kerja karyawan bank bagian account
officer yang tetap bertahan terhadap beban kerja atau tekanan kerja yang ada.
Penelitian ini menggunakan empat responden yang bekerja di bank sebagai
account officer, berumur 24-30 tahun, sudah bekerja sebagai Account Officer
minimal satu tahun. Metode pengambilan data menggunakan wawancara dan
observasi. Analisis data dilakukan dengan mengkode informasi yang didapat dan
menentukan tema lalu dikelompokkan kedalam sub kategori. Hasilnya
menunjukkan bahwa beban kerja yang dirasa oleh responden pada bank “X” tidak
terlalu tinggi, sehingga besar kemungkinan bisa menjadikan salah satu alasan para
responden tetap bertahan pada bank “X”. Adapun harapan responden bekerja
adalah untuk mendapatkan status (pekerjaan), tidak menjadi pengangguran dan
ingin mendapatkan penghasilan. Sehingga dengan begitu ekspektansi atau
harapannya bertahan pada bank “X” dengan berangkat tepat waktu, dapat selalu
menjaga target dan maintenance nasabah dengan baik, mempertahankan
performansi kerjanya sebaik mungkin, memotivasi diri untuk mengatur waktu,
dan menjaga fisik dan jasmani Dengan diikuti kinerja-hasil (intrumentality) yaitu
berangkat kantor jam 07.00-17.00 bila tidak lembur kerja dan tepat waktu,
responden akan mendapatkan penghargaan berupa nilai plus dari performansinya,
menyebar brosur untuk mencari calon nasabah, sehingga saat mem-follow up
calon nasabah dan me-maintanance nasabah, responden mendapat pemasukan
(uang) sehingga targetnya dapat tercapai. Selain dua hal ini responden juga
menjaga fisik dan jasmani agar kuat dan dapat bekerja dilapangan yang penuh
dengan tantangan berupa jarak dan cuaca dengan baik Meskipun dengan kendalakendala
yang dihadapi oleh masing-masing responden, responden mempunyai
cara sendiri yang bervariasi, tergantung dengan pribadi diri responden. Sehingga
nilai (valence) yang didapat adalah jenjang karir dan bonus berupa insentif dan
fasilitas yang diberikan oleh perusahaan, sehingga kebutuhan kehidupan seorang
AO baik primer ataupun sekunder akan terpenuhi.
Kata kunci : Motivasi kerja, beban kerja, account officer
Collections
- Psychology [2173]