Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Akuntansi Dalam Mengikuti Proram Profesi Akuntansi (PPAk)
Abstract
Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) penting bagi mahasiswa jurusan akuntansi sebab Pendidikan Profesi Akuntansi dapat memberikan kontribusi untuk menjadi seorang akuntan yang profesional. Kualitas pelayanan yang baik akan menimbulkan tingkat kepuasan bagi mahasiswa akuntansi yang sedang mengikuti PPAk. Apabila kualitas jasa yang diberikan oleh pengelola baik maka kepuasan yang dirasakan oleh mahasiswa akan meningkat, tetapi apabila kualitas jasa yang diberikan oleh pengelola kurang maka kepuasannya akan menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara kualitas jasa dengan kepuasan mahasiswa, serta apakah ada pengaruh positif antara variabel kualitas jasa (reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible) terhadap kepuasan mahasiswa PPAk.
Objek penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi yang sedang mengikuti PPAk di UII, UGM, STIE YKPN, dan Sanata Darma. Sampel disini tidak dipilih secara acak berdasarkan kemudahan untuk ditemui dan kesediaan untuk mengisi kuesioner tersebut. Teknik pengambilan sampel dengan purposive non random sampling. Jumlah sampel yang didistribusikan sebanyak 100 dan yang dapat diolah sebanyak 87 buah. Untuk menjawab perumusan, tujuan dan hipotesis penelitian maka analisis yang digunakan adalah uji dua sempel berhubungan (Paired Samples T Test) dan analisis regresi linier berganda.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara kualitas jasa dengan kepuasan mahasiswa akuntansi dalam mengikuti PPAk. Selain itu variabel reliability, responsiveness, empathy, dan tangible mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat kepuasan mahasiswa akuntansi dalam mengikuti PPAk. Sedangkan variabel assurance tidak ada pengaruh positif terhadap tingkat kepuasan mahasiswa akuntansi dalam mengikuti PPAk.
Keywords: Kualitas Jasa, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangible, Kepuasan Mahasiswa
Collections
- Akuntansi [4426]