Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Corporate Governance Perception Index (CGPI)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi nilai Corporate Governance Perception Index (CGPI) pada
perusahaan yang terdaftar di BEI dan masuk dalam program riset CGPI pada
tahun 2004 sampai dengan 2009. Faktor-faktor tersebut meliputi variabel
independen yaitu ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, report delay, faktor
regulasi, program Corporate Social Responsibility (CSR), dan perputaran total
aktiva. Sedangkan variabel dependennya adalah nilai CGPI yang telah dilakukan
oleh IICG dan dipublikasikan dalam majalah SWA.
Pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi
berganda dengan alat bantu microsoft excel 2007. Sampel yang digunakan adalah
sebanyak 71 perusahaan yang terdaftar di BEI dan masuk dalam pemeringkatan
CGPI selama periode 2004-2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel
ukuran perusahaan, report delay, faktor regulasi, program CSR, dan perputaran
total aktiva berpengaruh terhadap nilai CGPI. Sedangkan variabel leverage dan
profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai CGPI.
Kata kunci: ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, report delay, faktor
regulasi, program Corporate Social Responsibility, perputaran total aktiva, nilai
Corporate Governance Perception Index
Collections
- Akuntansi [4498]