Analisis Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Peringkat Obligasi Pada Saat Emisi
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan secara empiris mengenai praktik
manajemen laba terkait pengaruhnya terhadap peringkat obligasi. Data penelitian
ini adalah 61 perusahaan yang mengeluarkan obligasi yang terdaftar di Pefindo
yang terbit pada tahun 2007-2010. Metode sampling menggunakan metode
purposive sampling. Deteksi perilaku manajemen laba dalam penelitian ini
menggunakan Model Modifikasi Jones (1995). Teknik analisis data menggunakan uji
asumsi klasik, yaitu:uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, dan uji normalitas.
Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel manajemen laba berpengaruh
signifikan positif terhadap peringkat obligasi.
Kata kunci : manajemen laba, emisi obligasi, peringkat obligasi
Collections
- Akuntansi [4504]