Pembelajaran Interpersonal untuk Pengembangan Soft Skill Mahasiswa (Studi kasus pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Interpersonal untuk Pengembangan Soft
Skill Mahasiswa (Studi kasus pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi
Universitas Islam Indonesia)” yang bertujuan untuk mengetahui sejauh pengaruh
pembelajaran interpersonal terhadap pemahaman diri, komunikasi, serta pembangunan
tim pada pengembangan soft skills mahasiswa akuntansi universitas islam
Indonesia.Yang nantinya dapat diketahui apakah pembelajaran interpersonal yang ada
memberikan dampak yang baik kepada para mahasiswa ekonomi akuntansi universitas
islam Indonesia.
Penelitian ini mengambil sampel para mahasiswa universitas islam indonesia
fakultas ekonomi jurusan akuntansi yang pernah mengikuti pembelaran interpersonal
yang ada di awal semester. Mata kuliah pembelajaran interpersonal yang diadakan
wajib diikuti semua mahasiswa diawal semester untuk membentuk karakter seorang
akuntan nantinya dan melepaskan masa transisi dari masa sekolah ke jenjang perguruan
tinggi.. Sampel responden diambil dengan menggunakan teknik pembagian sampling
aksidental, dari seluruh kuesioner yang tersebar sejumlah 250, yang dapat kembali dan
diolah sebanyak 232 sampel. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program
smartPLS versi 1.10. Dengan menghubungkan pembelajaran interpersonal dengan 3 hal
yang terdapat pada soft skills seorang mahasiswa ekonomi akuntansi yaitu pemahaman
diri, komunikasi dan pembangunan tim. Penemuan empiris menunjukkan bahwa
pembelajaran interpersonal berpengaruh poritif terhadappemahaman diri, komunikasi
serta pembangunan tim
Key Words: Pembelajaran Interpersonal, Soft skills, pemahaman diri, komunikasi,
pembangunan tim
Collections
- Akuntansi [4399]