Pengaruh Kepuasan, Kenikmatan Berbelanja Dan Konfirmasi Terhadap Niat Membeli Kembali Melalui Shopping Online
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepuasan, kenikmatan
berbelanja dan konfirmasi terhadap niat membeli kembali melalui shopping online.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pemilik
shopping online sehingga memberikan pelayanan yang terbaik agar dapat
mempertahankan konsumen. Selain itu hasil penelitian ini juga dapat memberikan
wawasan bagi konsumen sehingga menjadi bahan pertimbangan sebelum
memutuskan untuk membeli kembali.
Penelitian ini mengambil sampel para pengguna shopping online yang telah
memiliki pengalaman membeli produk atau jasa secara online di Yogyakarta.
Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner yang disebar secara langsung
maupun secara online. Dari seluruh kuisioner yang tersebar sejumlah 200, yang
dapat diolah sebanyak 177 sampel. Pengujian dilakukan dengan menggunakan
program SmartPLS.
Hipotesis yang diujikan dalam penelitian ini berjumlah 4 hipotesis. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kepuasan terbukti berpengaruh dengan niat membeli
kembali melalui shopping online. Konfirmasi juga terbukti berpengaruh dengan
kepuasan konsumen terhadap shopping online. Sedangkan kenikmatan berbelanja
dan konfirmasi tidak berpengaruh dengan niat membeli kembali melalui shopping
online.
Kata Kunci : Shopping Online, niat membeli kembali, kepuasan, kenikmatan
berbelanja, Konfirmasi
Collections
- Akuntansi [4498]