Gim Pembelajaran Matetamika Untuk Siswa Kelas Iii Sd
Abstract
SARI Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang masih dianggap sulit olch para siswa di sckolah terutama bagi siswa kelas tiga SD. Penguasaan matematika juga sangat diperlukan karena banyak digunakan juga dalam dalam bidang ilmu pengetahuan yang lain, terutama dalam perkembangan teknologi sekarang ini. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan matematika siswa di Indonesia adalah sebagian siswa Indonesia menganggap materi pelajaran matematika adalah materi pelajaran yang sulit dan membosankan, olch karena itu mengakibatkan berkurangnya kesenangan (joy) dan kebahagiaan (happiness). Salah satu bentuk media pembelajaran yang dapat memberikan kesenangan dan kebahagiaan adalah melalui gim edukasi. Gim adalah sebuah media untuk memberikan aktifitas yang menyenangkan. Gim dapat juga dipandang sebagai sebuah aktifitas belajar. Hal ini terjadi karena pemain dituntut untuk mempelajari cara-cara yang harus dilakukan untuk menaklukkan tantangan yang diberikan. Gim edukasi juga dapat memberikan pengajaran serta menambah pengetahuan melalui proses belajar mengajar yang lebih menyenangkan dan lebih menarik yang dikemas dalam bentuk sebuah game. Pada penelitian ini. penulis membangun secbuah Gim Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas III SD. Gim ini dikembangkan dengan menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle). Pengembangan Gim Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas III SD menggunakan aplikasi perangkat lunak utama yaitu Unity3D dengan menggunakan bahasa pemrograman C. Dalam penelitian Gim Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas II SD dilakukan pengujian dengan menggunakan skala likert. Hasıl dari pengujian gim yang telah dilakukan. Gim Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas II SD mendapat kategori sangat layak dalam berbagai aspek. schingga dapat menghasilkan kesimpulan bahwa gim ini bisa memotivasi sISwa dalam pembelajaran matematika dan bisa menjadi sebuah media alternatif pembelajaran yang menarik.
Collections
- Informatics Engineering [2170]