Desain Strategi Proses Pelayanan Jasa Pengiriman Barang Jastip Dengan Metode Servqual Dan Qfd (Studi Kasus: Jastip Kurir Cendana Sorong)
Abstract
Jasa pengiriman barang menjadi satu layanan yang sangat dibutuhkan dan dapat
menjadi solusi bagi mereka yang menyukai kemudahan dan kepraktisan dalam hal
mengirimkan suatu barang terlebih jika itu menyangkut keterjangkauan wilayah
sehingga menjadi sangat penting bagi masyarakat. Pengiriman ke luar daerah pulau jawa
khususnya sorong biaya yang dikeluarkan sangat tinggi sehingga munculnya peluang
usaha jasa penitipan (Jastip). Seiring berjalannya waktu peluang usaha ini semakin
banyak yang menirunya sehingga munculnya Jastip – Jastip baru sehingga perlu adanya
up level dalam segi pelayananya.Metode Servqual digunakan untuk mengukur tingkat
kepuasan, tingkat kepentingan dan tingkat harapan dengan menggunakan 5 dimensi
pelayanan yaitu, bukti fisik, kehandalan, responsive, asuranci dan empati. Dari hasil
analisis servqual digunakan pada metode qfd untuk menetukan desain strategi yang tepat
pada proses pelayanan jastip kurir cendana. Dari hasil perhitungan dan analisis terdapat
2 point yang sangat penting yaitu Ketersediaan petunjuk dan informasi tentang alur
pengurusan pengiriman barang dan Keakuratan dalam menghitung dan menimbang
berang barang/ volume barang.
Collections
- Industrial Engineering [2231]