Analisis Disonansi Kognitif Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Teknik Industri Di Universitas Islam Indonesia
Abstract
Perkembangan teknologi turut memengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan. Perguruan
tinggi sebagai salah satu media pencetak kelimuan dan penemuan baru juga turut
berkembang pesat. Program studi yang variatif mendorong mahasiswa lebih selektif dalam
memilihnya. Pada penelitian ini bertujuan untuk menguji pembentukan disonansi kognitif
pada Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Islam Indonesia. Pembentukan
dimensi pada disonansi kognitif meliputi emotional, wisdom of purchase, dan concern over
the deal. Dimensi emotional diukur dengan 15 indikator pertanyaan, dimensi wisdom of
purchase diukur dengan 4 indikator pertanyaan, dan concern over the deal diukur dengan 3
indikator pertanyaan. Sampel penelitian menggunakan mahasiswa angkatan 2017 dan 2018
atau mahasiswa tahun ketiga dan keempat Program Studi Teknik Industri Universitas Islam
Indonesia sebanyak 111 orang. Teknik analisis yang diterapkan pada penelitian ini
menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian analisis disonansi koginitif menggunakan
analisis faktor pada variabel emotional menunjukkan bahwa mahasiswa merasa tidak kesal
untuk memilih Program Studi Teknik Industri Universitas Islam Indonesia, pada variabel
wisdom of purchase menunjukkan bahwa mahasiswa merasa sangat membutuhkan untuk
memilih Program Studi Teknik Industri Universitas Islam Indonesia. Pada variable concern
over deal menunjukkan bahwa mahasiswa merasa tidak mengalami kebingungan dalam
memilih Program Studi Teknik Industri Universitas Islam Indonesia. Saran yang diberikan
yaitu Program Studi Teknik Industri UII dapat meningkatkan kualitas berdasarkan ketiga
analisis faktor.
Collections
- Industrial Engineering [2240]