Supplier Relationship Performance Measurement Model: A Case Study In Service Company (Mt Logistik)
Abstract
Untuk bertahan dalam lingkungan yang kompetitif, sebagian besar perusahaan perlu
meningkatkan kemampuan bisnisnya, baik itu perusahaan penyedia jasa atau manufaktur.
Perusahaan dituntut untuk mampu melakukan penyediaan barang dan jasa dengan kualitas,
ketepatan waktu, biaya, efisien, produktif, dan efektif secara berkesinambungan atau jangka
panjang. Untuk itu perlu dilakukan pengidentifikasi KPI dari studi literature dan wawancara pada
perusahaan terkait menjadi penelitian yang dapat mengukur kinerja hubungan antar dua pihak
yaitu supplier dan buyer.
Sebuah studi kasus di industri pelayanan jasa pengiriman barang ekspor dan impor dilakukan
dengan mengukur tingkat hubungan antara pembeli dan pemasok utamanya. Pembuatan aplikasi
sederhana berbasis website pada penelitian ini dimaksudkan untuk memudahkan supplier dan
buyer yang dapat digunakan oleh kedua pihak untuk melihat hasil pengukuran yang ditampilkan
secara langsung pada website tersebut. Hasil pengukuran SRPM diharapkan dapat digunakan
sebagai input dalam meningkatkan hubungan kinerja antara pembeli dan pemasok dan menjadi
acuan bagi perusahan lainnya dalam membangun hubungan kerjasama yang bersifat jangka
panjang dan terus menerus.
Collections
- Industrial Engineering [2240]