Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Dan Kesetiaan Dalam Online Shop
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan
dan Kesetiaan dalam Online Shop” yang bertujuan untuk menganalisis hubungan
antara kepuasan pelanggan dan loyalitas di online shop dan menganalisis pengaruh
faktor penerimaan teknologi, kualitas layanan website dan biaya khusus (transaksi)
terhadap kepuasan dan kesetiaan pelanggan pada online shop.
Penelitian ini mengambil sampel mahasiswa jurusan akuntansi fakultas
ekonomi Universitas Islam Indonesia yang pernah melakukan transaksi online shop.
Sampel diambil dengan purposive random sampling, dari seluruh kuesioner yang
tersebar sejumlah 123 dapat kembali dan 93 yang dapat diolah. Pengujian dilakukan
dengan menggunakan model SEM.
Hasil penelitian ini menunjukkan faktor penerimaan teknologi terbukti
berpengaruh positif signifikan terhadap e-satisfaction konsumen online shop, faktor
penerimaan teknologi terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap e-loyalty
konsumen online shop, faktor kualitas pelayanan web terbukti berpengaruh positif
signifikan terhadap e-satisfaction konsumen online shop, faktor kualitas pelayanan
web terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap e-loyalty konsumen online
shop, faktor biaya khusus terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap esatisfaction
konsumen online shop.
Kata Kunci : Belanja Internet, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan
Collections
- Akuntansi [4424]