Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pasca Merger Bank Syariah Indonesia Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas
pelayanan terhadap kepuasan nasabah bank setelah dilakukan merger diantara tiga
bank yaitu BNI Syariah, BRI Syariah, dan Mandiri Syariah. Serta untuk
mengetahui apakah setelah penggabungan terdapat perbedaan kepuasan nasabah
menurut beberapa karakteristik sosial demografi, seperti usia, jenis kelamin,
pendidikan terakhir dan pekerjaan. Objek penelitian adalah Bank Syariah
Indonesia di Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
kuesioner, dimana respondennya adalah nasabah BSI di Yogyakarta. Responden
dipilih dengan teknik convenience sampling dan diperoleh sebanyak 100 nasabah.
Variabel penelitian dikategorikan kedalam dua jenis, yaitu variabel bebas dan
terikat. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan menunjukkan nilai
rata – rata 3,86, kemudian nasabah sudah memperoleh kepuasan terhadap jasa
yang diberikan Bank Syariah Indonesia di Yogyakarta. Indikator tangible,
reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty berpengaruh signifikan
terhadap Kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia di Yogyakarta setelah
merger.
Collections
- Islamic Economics [827]