Prediksi Kebutuhan Persediaan Produk Dengan Memperhatikan Perilaku Pembelian Konsumen
Abstract
x
ABSTRAKSI
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan pola perilaku pembelian konsumen
Karomah Brass sebagai dasar untuk mengetahui prediksi kebutuhan persediaan
produk untuk periode selanjutnya, sehingga diharapkan dimasa yang akan datang
perusahaan dapat menghindari penumpukan persediaan untuk jenis produk tertentu
dalam jangka waktu yang lama, sekaligus dapat menghindari habisnya persediaan
untuk jenis produk yang lainnya. Metode yang digunakan untuk mencari pola perilaku
pembelian konsumen adalah Market Basket Analysis (MBA), serta digunakan metode
Jaringan Syaraf Tiruan (JST) Backpropagation untuk memprediksi kebutuhan
persediaan produk. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah konsumen paling
sering membeli jenis produk yang berfungsi sebagai aksesoris lemari antik dan jika
konsumen membeli salah satu produk dari jenis tersebut, maka maka ia juga akan
membeli produk lainnya yang sejenis sesuai dengan 21 rules yang telah didapatkan
dari penambangan data transaksi. Hasil Prediksi jumlah kebutuhan persediaan produk
untuk periode satu tahun ke depan adalah D8 sebanyak 38 buah; Grendel Besi B
sebanyak 49 buah; Grendel Besi K sebanyak 48 buah; Grendel Mini sebanyak 54
buah; H10 sebanyak 33 buah; H13 sebanyak 54 buah; H13 malang sebanyak 15 buah;
K1 sebanyak 117 buah; K2 sebanyak 302 buah; K4 sebanyak 282 buah; Klik-Klok
sebanyak 65 buah; Kunci 1,5 cm sebanyak 162 buah; Kunci 2,5 cm sebanyak 232
buah; Lubang Kunci sebanyak 292 buah; P8 K sebanyak 37 buah; Skrup Hitam K
sebanyak 1622 buah; dan Skrup Putih sebanyak 437 buah.
Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Prediksi, Persediaan Produk, MBA, JST
Collections
- Industrial Engineering [2257]