Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online Dengan Kecerdasan Emosi Pada Remaja Di Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara intensitas bermain
game online dengan kecerdasan emosi pada remaja di Yogyakarta. Hipotesis
penelitian ini adalah adanya hubungan negatif antara intensitas bermain game
online dengan kecerdasan emosi pada remaja laki-laki. Subjek dalam penelitian
ini adalah remaja laki-laki yang berusia 16 sampai 21 tahun yang sering bermain
game online khususnya game online kekerasan. Skala kecerdasan emosi yang
digunakan dalam penelitian ini merupakan klasifikasi oleh Goleman (2001) yang
mencakup lima aspek, yaitu kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri, empati,
dan keterampilan sosial. Intensitas bermain game online diukur dengan
menggunakan skala yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan empat aspek
yang diungkap oleh Del Barrio (2004) yaitu, perhatian, penghayatan, durasi, dan
frekuensi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa koefisien korelasi r = 0.04
dengan p = 0.607 (p>0.05). Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa tidak ada
hubungan antara kecerdasan emosi dengan intensitas bermain game online,
dengan kata lain hipotesis penelitian yang diajukan sebelumnya ditolak.
Kata kunci : kecerdasan emosi, intensitas bermain game online, remaja
Collections
- Psychology [2177]