dc.description.abstract | Aditya Wahyu Indardi. 05331089. Manajemen Redaksional Media Online
Surat Kabar Lokal (Studi Perbandingan Situs Online Solopos.com dan
Krjogja.com). Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas
Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2012
Informasi menjadi kebutuhan yang penting bagi sebagian besar
masyarakat di Indonesia. Masyarakat ingin mengetahui isu atau peristiwaapa yang
sedang terjadi secara cepat dan terkini. Hal tersebut yang mendorong industri
media cetak mulai beralih pada media online. solopos.com dan krjogja.com hadir
untuk memberikan informasi secara cepat dan up-date yang mengusung konsep
lokal namun juga memberikan informasi yang bersifat nasional maupun
internasional.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai
manajemen redaksional antara solopos.com dan krjogja.com yang didalamnya
membahas mengenai proses manajemen redaksional dan proses pemberitaan yang
diterapkan oleh kedua perusahaan tersebut. Metode yang digunakan adalah
deskriptif pendekatan kualitatif dan menganut paradigma konstruktivisme.
Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi,
wawancara dan dokumen.
Hasil penelitian dari manajemen redaksional media online surat kabar
lokal menunjukan.Proses manajemen redaksional yang dilakukan oleh
solopos.com dan krjogja.comdibagi menjadi : riset, perencanaan, mengolah
sumber daya dan pengawasan-evaluasi. Riset yang dilakukan solopos.com
maupun krjogja.com adalah sama karena hanya melihat statistik data pengunjung.
Perencanaan pemberitaan pada solopos.com masih menjadi satu dengan harian
solopos, pada krjogja.com dilakukan sendiri pada divisi redaksional. Sedangkan perencanaan pengembangan sumber daya manusia yang dimiliki sama-sama
dilakukan pada solopos.com dan krjogja.com. Mengolah sumber daya baik pada
solopos.com dan krjogja.com adalah dengan memanfaatkan secara optimal, dan
pemberian pelatihan untuk meningkatkan skill karyawan. Pengawasan-evaluasi,
pengawasan pada solopos.com maupun krjogja.com terbilang sama karena
pimpinan melakukan pengawasan secara langsung kepada bawahanya. Sedangkan
evaluasi pada solopos.com masih menjadi satu dengan harian solopos, pada
krjogja.com evaluasi dilakukan setiap seminggu sekali. Proses pemberitaan pada
solopos.com maupun krjogja.com di bagi menjadi beberapa tahap yaitu
pengumpulan, penulisan, pengeditan dan penyajian berita. Pencarian dan
penulisan berita pada solopos.com dilakukan oleh wartawan solopos sedangkan
pada krjogja.com dilakukan oleh wartawan krjogja sendiri. Pengeditan pada
solopos.com dan krjogja.com dilakukan oleh redaktur. Penyajian berita pada
solopos.com dilakukan oleh staf uploader sedangkan pada krjogja.com dilakukan
sendiri oleh redaktur.
Kata Kunci : Manajemen Redaksional, Fungsi Manajemen, Media Online,
Solopos.com dan Krjogja.com | en_US |