Show simple item record

dc.contributor.advisorIwan Awaluddin Yusuf, S.IP., M.Si.
dc.contributor.authorAditya Wahyu Indardi
dc.date.accessioned2022-02-24T09:14:13Z
dc.date.available2022-02-24T09:14:13Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36319
dc.description.abstractAditya Wahyu Indardi. 05331089. Manajemen Redaksional Media Online Surat Kabar Lokal (Studi Perbandingan Situs Online Solopos.com dan Krjogja.com). Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2012 Informasi menjadi kebutuhan yang penting bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Masyarakat ingin mengetahui isu atau peristiwaapa yang sedang terjadi secara cepat dan terkini. Hal tersebut yang mendorong industri media cetak mulai beralih pada media online. solopos.com dan krjogja.com hadir untuk memberikan informasi secara cepat dan up-date yang mengusung konsep lokal namun juga memberikan informasi yang bersifat nasional maupun internasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai manajemen redaksional antara solopos.com dan krjogja.com yang didalamnya membahas mengenai proses manajemen redaksional dan proses pemberitaan yang diterapkan oleh kedua perusahaan tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif pendekatan kualitatif dan menganut paradigma konstruktivisme. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara dan dokumen. Hasil penelitian dari manajemen redaksional media online surat kabar lokal menunjukan.Proses manajemen redaksional yang dilakukan oleh solopos.com dan krjogja.comdibagi menjadi : riset, perencanaan, mengolah sumber daya dan pengawasan-evaluasi. Riset yang dilakukan solopos.com maupun krjogja.com adalah sama karena hanya melihat statistik data pengunjung. Perencanaan pemberitaan pada solopos.com masih menjadi satu dengan harian solopos, pada krjogja.com dilakukan sendiri pada divisi redaksional. Sedangkan perencanaan pengembangan sumber daya manusia yang dimiliki sama-sama dilakukan pada solopos.com dan krjogja.com. Mengolah sumber daya baik pada solopos.com dan krjogja.com adalah dengan memanfaatkan secara optimal, dan pemberian pelatihan untuk meningkatkan skill karyawan. Pengawasan-evaluasi, pengawasan pada solopos.com maupun krjogja.com terbilang sama karena pimpinan melakukan pengawasan secara langsung kepada bawahanya. Sedangkan evaluasi pada solopos.com masih menjadi satu dengan harian solopos, pada krjogja.com evaluasi dilakukan setiap seminggu sekali. Proses pemberitaan pada solopos.com maupun krjogja.com di bagi menjadi beberapa tahap yaitu pengumpulan, penulisan, pengeditan dan penyajian berita. Pencarian dan penulisan berita pada solopos.com dilakukan oleh wartawan solopos sedangkan pada krjogja.com dilakukan oleh wartawan krjogja sendiri. Pengeditan pada solopos.com dan krjogja.com dilakukan oleh redaktur. Penyajian berita pada solopos.com dilakukan oleh staf uploader sedangkan pada krjogja.com dilakukan sendiri oleh redaktur. Kata Kunci : Manajemen Redaksional, Fungsi Manajemen, Media Online, Solopos.com dan Krjogja.comen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectManajemen Redaksional, Fungsi Manajemen, Media Online, Solopos.com dan Krjogja.comen_US
dc.titleManajemen Redaksional Media Online Surat Kabar Lokal (Studi Perbandingan Situs Online solopos.com dan krjogja.com)en_US
dc.Identifier.NIM05331089


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record