Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kelompok Referensi Dengan Pengambilan Keputusan Membeli Produk Kosmetika Tanpa Label Halal Pada Mahasiswi Muslim
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan antara persepsi
terhadap kelompok referensi dengan pengambilan keputusan membeli produk
kosmetik tanpa label halal pada mahasiswi muslim. Hipotesis dari penelitian ini
adalah ada hubungan positif antara persepsi terhadap kelompok referensi dengan
pengambilan keputusan membeli produk kosmetik tanpa label halal pada
mahasiswi muslim. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas
Syariah dan Ilmu Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga yang
menggunakan kosmetik tanpa label halal. Skala yang digunakan dalam penelitian
ini adalah skala keputusan membeli produk kosmetik tanpa label halal, yang
mengacu pada tahapan pengambilan keputusan membeli yang dikemukakan oleh
Assael (1998) dan skala persepsi terhadap kelompok referensi berdasarkan teori
yang dikemukakan oleh Assael (1992). Metode analisis data dalam penelitian ini
menggunakan teknik Product Moment dari Pearson menunjukkan korelasi sebesar
r = 0.369 dengan p = 0.000 yang artinya hubungan positif yang sangat signifikan
antara persepsi terhadap kelompok referensi dengan pengambilan keputusan
membeli produk kosmetik tanpa label halal pada mahasiswi, maka dari itu
hipotesis diterima. Persepsi terhadap kelompok referensi memberikan sumbangan
efektif terhadap pengambilan keputusan membeli bakso dengan label halal sebesar
13,6%.
Kata Kunci : psikologi konsumen, persepsi terhadap kelompok referensi,
pengambilan keputusan membeli produk kosmetik tanpa label halal,
mahasiswi muslim
Collections
- Psychology [2192]