Show simple item record

dc.contributor.advisorSuharyatma, Ir., M.T.
dc.contributor.advisorIbu Astriana Hardawati, S.T., M.Eng.
dc.contributor.authorKURNIAWAN MEGA MAHARDIKA
dc.date.accessioned2022-02-24T06:32:32Z
dc.date.available2022-02-24T06:32:32Z
dc.date.issued2021-09-30
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36300
dc.description.abstractIndonesia merupakan wilayah yang sangat rentan terhadap gempa bumi. Hal ini disebabkan karena letak geografis indonesia yang dikelilingi oleh 3 lempeng utama, yaitu Eurasia, IndonesiaAustralia, dan Pasifik. Gempa bumi tersebut dapat mengakibakan terjadinya kerusakan infrastruktur yang ada, salah satunya struktur jembatan. Terdapat banyak jenis jembatan yang ada di wilayah Indonesia, jenis jembatan yang paling banyak adalah jembatan rangka. Penggunaan jembatan rangka tersebut sudah dimulai sebelum pada tahun 1945 dan berlanjut hingga sekarang sehingga banyak jembatan yang sudah mencapai umur rencana (Bina Marga 2009). Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi kinerja seismik agar dapat diketahui level kinerja dari struktur jembatan eksisting dalam menahan beban gempa yang terjadi. Evaluasi pada penelitian ini dilakukan pada struktur Jembatan Sardjito 1 yang berlokasi di Yogyakarta. Pembangunan jembatan tersebut dilakukan cukup lama yaitu pada tahun 1984. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi kinerja terhadap jembatan tersebut. Pada penelitian ini, analisis dilakukan secara non-linier dengan metode pushover analysis. Jembatan akan diberikan beban lateral berupa beban gempa pada titik acuan yang sudah ditentukan. Beban tersebut nantinya akan ditingkatkan secara terus menerus sampai struktur jembatan mengalami keruntuhan. Setelah mengalami keruntuhan, maka dapat diketahui tingkat kinerja struktur yang mengacu pada standar ATC-40 sesuai kurva kapasitas yang terjadi. Hasil dari penelitian ini didapatkan maksimum total drift pushover arah X sebesar 0,00418 dan pushover arah Y sebesar 0,00012. Kedua nilai maksimum total drift tersebut menandakan bahwa struktur Jembatan Sardjito 1 berada pada level kinerja Immediate Ocupancy. Hal tersebut berarti struktur jembatan dapat menahan beban gempa yang terjadi sehingga struktur dapat dikatakan aman.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPushover Analysisen_US
dc.subjectJembatan Rangkaen_US
dc.subjectEvaluasi Kinerja Strukturen_US
dc.titleEvaluasi Kinerja Struktur Atas Jembatan Sardjito 1 Dengan Metode Pushover Analysysen_US
dc.Identifier.NIM17511056


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record