Determinan Niat Berdonasi Di Proyek Urun Dana Covid-19 Melalui Platform Urun Dana
Abstract
Penelitian ini menyelidiki dampak dari harapan kinerja (HK), harapan upaya
(HU), pengaruh sosial (PS), kondisi yang memfasilitasi (KM), empati (EMP),
kepercayaan (PER) pada niat berdonasi di proyek urun dana Covid-19 melalui
platform urun dana. Serta kualitas informasi (KI), persepsi keamanan (PK), dan
persepsi privasi (PP) pada kepercayaan. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan pemakaian data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang
dibagikan secara online melalui Google Form. Metode pengambilan sampel yang
digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling.
Sampel terdiri dari 220 responden yang pernah berdonasi di layanan urun dana
untuk sebuah proyek yang berkaitan dengan pandemi Covid-19. Metode analisis
data menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan bantuan perangkat
lunak SmartPLS v3.3.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa HU, EMP, PER
memiliki pengaruh positif signifikan terhadap niat berdonasi. Sedangkan KI dan
PK memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan (PER).
Dibandingkan dengan penelitian sebelumnya, HK, PS, KM serta PP tidak
ditemukan memiliki pengaruh yang signifikan. Akhirnya, penelitian ini
menyajikan saran bagaimana meningkatkan niat pengguna untuk berdonasi
melalui platform urun dana.
Collections
- Akuntansi [4444]